Kamis, 13 Desember 2012

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Sebuah angklung terdiri beberapa tabung bambu (tergantung fungsinya) yang berbeda ketinggian dan diameternya untuk mencapai harmoni nada yang diinginkan.

Sebuah angklung melodi biasanya terdiri dari dua tabung yang menghasilkan nada terpaut satu oktaf, sementara angklung pengiring (accompagnement) terdiri dari tiga atau bahkan empat tabung tergantung accord yang dimainkan. Tabung-tabung tersebut kemudian diikatkan pada rangka batang bambu untuk membentuk alat musik angklung yang lengkap. Sebuah angklung hanya menghasilkan satu nada, jadi untuk memainkan sebuah lagu dibutuhkan beberapa set angklung yang dimainkan oleh banyak orang. Kurang lebih seperti kelompok paduan suara dalam membawakan sebuah lagu. Untuk memainkannya, kita cukup menggoyangkan atau menggetarkannya. a. Sejarah Angklung adalah mitologi dari Bahasa Bali, yaitu Ang yang berarti angka (berupa not) dan klung yang berarti rusak. Jadi, jika digabungkan angklung berarti angka yang rusak. Dalam sejarah perkembangan musik Angklung, bentuknya yang sekarang merupakan adaptasi bentuk alat musik dari Filipina.

download BESnya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Sty n Midi

Profil Pendidik Spemsa

Blogroll

About

Blog ini hanyalah sebuah tempat untuk mencurahkan dan memaparkan sedikit dari banyaknya soalan-soalan dalam balantika musik dan seni....